3 Cara Mereset Mikrotik

Tentu ada berbagai alasan beberapa orang mereset mikrotik. Mulai dari alasan lupa password (Password reset), untuk mengembalikan ke kondisi awal (default settings), hingga refresh sistem. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara reset mikrotik dengan mudah.

Mikrotik merupakan sistem operasi berupa software yang digunakan untuk menjadikan PC menjadi router jaringan. Sistem operasi ini sangat direkomendasikan untuk keperluan administrasi jaringan komputer, misalnya untuk membangun sistem jaringan komputer.Perbedaan mikrotik dengan sistem operasi lama adalah kelebihan fitur wirelessnya. Maka tak heran jika mikrotik disebut sebagai salah satu sistem operasi yang paling ringan dan sederhana. Dengan demikian, banyak warnet yang menggunakan mikrotik.
  • Tujuan Mereset Mikrotik

Oke baiklah, kali ini kita akan membahas tujuan reset mikrotik dan bagaimana cara untuk mereset mikrotik. Simak dengan baik ulasan di bawah ini.
cara setting mikrotik agar bisa diremote dari luar
Tujuan dari reset mikrotik yakni untuk mengembalikan semua settingan mikrotik ke mode awal atau 0.0.0.0 yakni dengan tujuan untuk menghapus semua settingan konfigurasi yang ada pada mikrotik baik itu berupa IP Address, Routing, Firewall dll.
Fungsi dari reset pada mikrotik sebenarnya tidak jauh berbeda pada hardisk di Laptop. Dengan mereset mikrotik, nantinya akan menghapus semua konfigurasi yang sudah dibuat sebelumnya. Alias semuanya nanti akan kembali ke konfigurasi buatan pabrik.

Ada 2 jenis reset mikrotik, Soft Reset yaitu reset configuration melalui winbox, syarat utama untuk melakukan ini yakni anda harus dapat mengakses mikrotik melalui winbox.Kemudian Hard Reset Umumnya semua versi mikrotik sudah memiliki tombol reset, biasanya berupa tombol lubang kecil yang dapat ditusuk dengan pulpen atau barang kecil lainya. Tombol kecil ini berfungsi untuk mereset mikrotik. Setelah kalian mengetahui tujuan reset mikrotik, maka selanjutnya akan kita bahas bagaimana sih cara untuk reset mikrotik? 
Cara Reset Mikrotik

Sebenarnya, cara untuk reset mikrotik tidaklah sulit, bahkan tergolong mudah. Ada beberapa cara yang harus kalian lakukan untuk reset mikrotik, yaitu:

1. Dengan Winbox

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah reset mikrotik via winbox. Berikut adalah beberapa tahapannya:
  • Langkah yang pertama, pada panel winbox sebelah kiri pilih “System”.
  • Kemudian jika sudah pilih Reset Configuration
  • Setelah itu klik sekali lagi opsi Reset Configuration pada jendela yang muncul.
  • Selain cara diatas kalian juga dapat mencoba untuk reset menggunakan terminal yang ada pada winbox dengan mengetikkan scrip ‘/system reset’
  • Kemudian akan muncul pertanyaan.apakah benar kita akan mereset, jawab dengan Y (Yes) saja.
  • Mikrotik akan melakukan prosess reset konfigurasi dan biasanya setelah reset kita akan diberikan konfigurasi default (konfigurasi bawaan) yang mana pada port ethe2 biasanya dikasih dhcp dengan ip 192.168.88.1/24.
  • Terkadang justru konfigurasi default yang di berikan mikrotik itu akan mengganggu konfigurasi yang akan kita terapkan, kalian bisa meremove konfigurasi tersebut, caranya ketika masuk winbox mikrotik setelah direset, pilih “Remove Configuration”.

2. Dengan Tombol Reset

cara reset mikrotik
Seperti yang telah dijelaskan diatas, ini termasuk cara reset mikrotik dengan hard reset. Cara ini sering dilakukan jika kita tidak tahu atau mungkin lupa username dan password mikrotik sehinggan cara yang pertama tadi tidak bisa dilakukan.
Jika kalian perhatikan, tombol reset pada RouterBoard sering kita jumpai pada beberapa seri, namun sayangnya tidak semua seri. Pada seri LHG 5, RB750, RB411, HAP lite, Hex Series dan mikrotik routerBoard seri lain nya bisa dilakukan dengan tombol yang sudah ada pada box nya.
Untuk langkah-langkah nya anda bisa ikuti dengan cara berikut:
  • PErtama-tama, siapkan Pensil / Bolpoin atau apa aja yang penting ukuran tidak terlalu besar dengan tombol reset.
  • Kemudian, pastikan posisi power Mikrotik mati / kabel power MikroTik di cabut
  • Jika sudah, tekan / dorong dengan pensil Tombol Reset (lihat gambar diatas), dan tahan jangan dulu dilepas
  • Selanjutnya. sambungkan power /adapter mikrotik dengan posisi tombol reset masih tetap di tekan
  • Kemudian. biarkan Mikrotik tetap menyala sambil tombol reset ditahan sekitar 10 – 20 detik an
  • Pada saat Lampu ACT tidak berkedip barulah anda bisa lepas tombol reset nya.
  • Ciri Mikrotik telah selesai di reset ialah, jika semua konfigurasi yang sudah ada sebelumnya maka secara otomatis sudah hilang dengan sendirinya.
3. Dengan Jumper

cara reset mikrotik rb450g dengan winboxCara jumper ini bisa kalian lakukan jika router mikrotik tidak memiliki tombol reset. Hampir dari semua Seri mikrotik anda bisa melakukan reset dengan cara ini. Untuk cara reset mikrotik dengan mode jumper anda harus membuka casing mikrotik nya terlebih dulu
Ketika kalian sudah berhasil membuka casingnya maka di area board mikrotik ada sebuah lempengan kecil kuning yang melingkar tapi tidak terhubung, seperti pada gambar ilustrasi diatas. untuk meresetnya anda cukup sediakan obeng lalu tempatkan obeng tersebut.
Cara reset dengan jumper ini biasanya dilakukan pada seri mikrotik yang tidak ada tombol reset nya seperti mikrotik RB1100.
Itu tadi sedikit tips dan tutorial cara untuk reset mikrotik. Bagaimana mudah kan? Dengan mereset mikrotik, maka mikrotik akan kembali ke pengaturan default atau pengaturan bawaan pabrik seperti baru.
Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang masih bingung bagaimana cara reset mikrotik dengan mudah. Bagikan juga kepada teman kalian yang membutuhkan yaa. Selamat mencoba ðŸ™‚

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Setting Mikrotik

Cara Setting Wifi di Mikrotik

Menginstal Xampp Dengan Mudah