Cara mengcrimping kabel

MENGCRIMPING KABEL

Sebelum masuk ke praktek, tahukah kamu apa itu mengcrimping kabel? Nah, buat kalian yang belum tahu, yuk simak penjelasan di bawah ini.

  • Pengertian Crimping
Jadi, crimping itu kegiatan di mana sebuah kabel jaringan di proses agar mampu menjadi sebuah kabel jaringan yang utuh dan sempurna sehingga mampu digunakan. Pengertian simpelnya, mengcrimping itu cara membuat kabel jaringan.

Setelah kita tahu pengertian crimping, saatnya kita masuk ke praktek. Sebelum memulai, tentunya kita harus punya alat untuk mengcrimping, seperti:

  • Tang Crimping
  • Kabel UTP
  • Konektor RJ-45
  • LAN Tester

TANG CRIMPING

 Adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor, dan ini sangat penting sekali bagi kita yang ingin belajar cara mengcrimping kabel. Alat ini bentuknya hampir sama dengan tang biasa yang sering kita lihat atau temui. Dan di bawah ini adalah gambar tang crimping:



KABEL UTP

Kabel UTP perlu kita gunakan untuk saling menyalurkan jaringan internet, dan di dalam kabel UTP ini di dalamnya ada 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni.


URUTAN-URUTAN KABEL UTP (Straight dan Cross):

Berikut ini adalah urutan pengkabelan Straight :



Putih orange
Orange
Putih hijau
Biru
Putih biru
Hijau
Putih cokelat
cokelat

Berikut ini adalah urutan pengkabelan Cross :


Putih hijau
Hijau
Putih orange
Biru
Putih Biru
Orange
Putih cokelat
Cokelat


Konektor RJ-45

Konektor adalah sebuah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP. Tujuanya, agar kabel dapat kita pasang pada port LAN.


LAN Tester

LAN tester adalah alat untuk menguji hasil crimpingan kita. Jika crimpingan salah atau ada urutan kabel yang terbalik, maka lampu di LAN tester tidak akan menyala atau menyala tapi tidak bergerak secara berurutan. Sebaliknya, jika crimpingan kita benar dan tidak ada urutan kabel yang terbalik, maka lampu di LAN tester akan secara otomatis menyala dan bergerak secara berurutan dari nomer satu sampai delapan. Berikut adalah gambar dari LAN tester:







Setelah kita tahu peralatan dan apa saja yang dibutuhkan dalam mengcrimping, saatnya kita masuk ke praktek. Berikut adalah cara-cara mengcrimping kabel:


  • Kupas bagian luar kulit kabel UTP dengan panjang yang menyesuaikan.
  • Setelah itu, uraikan kabel hingga menjadi lurus lalu urutkan kabel dengan standar urutan kabel straight atau cross, sesuai kebutuhan.
  • Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan kabel menggunakan tang crimping.
  • Masukan kabel yang telah lurus dan sejajar tersebut kedalam konektor RJ-45. Pastikan posisi semua kabel sudah benar.
  • Crimping kabel menggunakan tang crimping. Setelahnya, perhatikan apakah semua ujung kabel sudah menyentuh kuningan pada konektor RJ-45.
  • Setelah selesai pada ujung kabel yang satu, lakukan pada ujung kabel yang lain.
  • Terakhir, cek kabel yang sudah selesai kita crimping menggunakan LAN tester. Caranya, masukan masing-masing ujung kabel ke masing-masing port yang tersedia pada LAN tester. Nyalakan LAN tester lalu pastikan semua lampu menyala dengan benar.
Dibawah ini adalah contoh gambar crimpingan kabel:




Demikian penjelasan cara-cara mengcrimping kabel. Semoga bermanfaat







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Setting Mikrotik

Cara Setting Wifi di Mikrotik

Menginstal Xampp Dengan Mudah