Menginstal Xampp Dengan Mudah

Menginstal Aplikasi Xampp

Untuk kalian yang akan membuat website namun belum memiliki domain dan hosting sendiri, jangan berkecil hati dulu. Sebab, masih ada alternatif lain.

Caranya?

Dengan menginstal aplikasi Xampp. Aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi server localhost serta yang paling banyak digunakan dan cukup familiar di kalangan web developer saat ini.

Tapi sebelumnya, kalian tahu tidak sih apa itu Xampp sebenarnya? Simak penjelasan di bawah ini ya.

  • Pengertian Xampp
Xampp adalah software singkatan dari Apache, MySQL, PHP, dan Perl. Sedangkan huruf 'X' dimaksudkan sebagai suatu software yang dapat dijalankan di empat OS utama seperti Windows, MacOs, Linux, dan Solaris. Istilah ini sering disebut dengan cross platform (software multi OS).

Nah, setelah tahu pengertian Xampp yang sebenarnya, saatnya kita masuk ke cara-cara menginstal Xampp dengan mudah. Kalian cukup ikuti langkah-langkah berikut:

1. Yang pertama, ketik 'free download xampp' di google. Selanjutnya, tunggu sampai muncul beberapa pilihan. Pilih ukuran MB sesuai dengan besarnya RAM PC kalian dan jenis windows yang kalian gunakan. Klik 'download' jika kalian sudah menemukan xampp yang tepat.

2. Saat sudah berhasil di download, waktunya untuk menginstal. Caranya, buka Xampp yang sudah kalian download. Jika mumcul tampilan seperti ini, klik next.

instal xampp di windows

3. Pada tampilan berikutnya, akan muncul pilihan mengenai komponen mana saja dari Xampp yang ingin kalian instal dan tidak. Beberapa pilihan seperti Apache dan PHP adalah bagian penting untuk menjalankan website dan otomatis di instal. Silakan centang MySQL dan phpMyAdmin. Untuk pilihan lainnya biarkan saja.

cara instal xampp di windows 7

4. Berikutnya pilih folder tujuan dimana Xampp akan di instal. Contoh pada tutorial ini adalah C:\xampp 

instal xampp di windows 7


5. Pada halaman selanjutnya, akan ada pilihan apakah kalian ingin menginstal Bitnami untuk Xampp, dimana nantinya dapat kalian gunakan untuk instal WordPress, Drupal, dan Joomla secara otomatis. Jika kalian bersedia, klik centang lalu klik next.

cara install xampp

6. Tampilan selanjutnya, proses instalasi akan dimulai. 

menginstal xampp

7. Setelah berhasil di instal, akan  muncul notifikasi untuk langsung menjalankan control panel. Silakan klik finish.

instalasi xampp selesai

8. Langkah terakhir, jalankan Xampp. Caranya, buka aplikasi Xampp lalu tombol start pada Apache dan MySQL. Jika berhasil dijalankan, maka Apache dan MySQL akan berwarna hijau seperti pada gambar.

xampp dijalankan

Untuk melakukan pengecekan, silakan akses link http://localhost melalui browser kalian.

Nah bagaimana? Sangat mudah bukan? Selanjutnya, kalian bisa menjalankan aplikasi berbasis web pada localhost, seperti menginstal WordPress.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Setting Mikrotik

Cara Setting Wifi di Mikrotik